Laman

Jumat, 05 Mei 2017

Penyebab bisul di mata dan cara pengobatannya

Penyebab bisul di mata dan cara pengobatannya - Tonjolan bulu mata tampak menyakitkan, benjolan merah di tepi kelopak mata, biasanya di mana bulu mata memenuhi tutupnya. Bakteri atau penyumbatan pada kelenjar minyak pada kelopak mata menyebabkan sebagian besar kelopak mata.

Penyebab bisul di mata dan cara pengobatannya




Benjolan kelopak mata seringkali tidak berbahaya dan tidak selalu membutuhkan perawatan medis. Mereka sering pergi sendiri atau dengan perawatan di rumah dasar. Namun, jika kelopak mata menjadi semakin menyakitkan, tidak merespons perawatan di rumah, atau mulai mengganggu penglihatan Anda, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda tentang cara mengelola gejala Anda atau untuk mencari tanda-tanda masalah yang lebih serius. .

Apa saja jenis benjolan kelopak mata?
Ada tiga jenis benjolan kelopak mata. Jenis dan penyebab dasar kelopak mata Anda akan menentukan pengobatan terbaik.

Styes
Stik adalah jenis benjolan kelopak mata yang paling umum. Styes terjadi saat bakteri masuk ke kelenjar minyak di kelopak mata. Stik adalah benjolan merah bundar yang tampak dekat dengan bulu mata Anda. Hal itu bisa membuat kelopak mata Anda terasa sakit. Stye juga bisa menyebabkan Anda peka terhadap cahaya dan membuat mata Anda berair atau terasa gatal. Biasanya dibutuhkan beberapa hari agar stye terbentuk, dan Anda mungkin memiliki lebih dari satu per satu.

Chalazion
Sebuah chalazion adalah lesi inflamasi yang terjadi ketika kelenjar penghasil minyak atau kelenjar air mata di kelopak mata tersumbat. Sebuah chalazion biasanya tumbuh lebih jauh pada kelopak mata Anda dari pada stye. Ini tidak menyakitkan dalam banyak kasus. Hal itu dapat mengganggu penglihatan Anda tergantung pada tempat tumbuh dan seberapa besar hasilnya.

Xanthelasma
Xanthelasma tidak berbahaya, benjolan kuning yang terjadi saat lemak tertentu terbentuk di bawah kulit. Benjolan ini cenderung muncul pada orang dewasa yang lebih tua. Dalam beberapa kasus, mereka menunjukkan kadar kolesterol tinggi.

Apa saja gejala benjolan kelopak mata?
Sebagian besar benjolan kelopak mata tampak seperti benjolan berwarna merah atau kulit, dan biasanya terjadi di sepanjang kelopak mata. Terkadang, mereka bisa bersikap lembut. Gejala lainnya termasuk mata merah, berair, sensasi gatal dan gatal di mata dan kepekaan terhadap cahaya.

Meski kebanyakan benjolan kelopak mata ringan atau tidak berbahaya, beberapa bisa mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Anda harus menemui dokter jika terjadi hal berikut ini:
  • Anda mengalami kesulitan melihat
  • Mata Anda sangat berair
  • Ada banyak sekali debit dari matamu
  • Bagian putih matamu berubah warna
  • Mata Anda sakit bahkan dalam pencahayaan rendah
  • Kelopak mata Anda berdarah, semakin parah, tumbuh sangat besar, atau sangat menyakitkan
  • Kelopak mata Anda bersisik, berkerak, atau merah, yang bisa menandakan adanya infeksi
  • Kelopak mata Anda melepuh, yang bisa menandakan adanya infeksi

Jika stye atau chalazion tidak hilang seiring waktu dengan perawatan di rumah, sebaiknya dokter memeriksanya untuk memastikan itu bukan pertanda kondisi medis yang lebih serius atau untuk mendiskusikan pilihan untuk mengobatinya.

Apa yang menyebabkan benjolan kelopak mata?
Styes terjadi saat bakteri masuk dan mengobarkan kelenjar minyak Anda. Risiko Anda terkena stupa meningkat jika Anda memiliki kondisi yang disebut blepharitis, yaitu pembengkakan folikel bulu mata. Sebuah chalazion bisa terbentuk saat kelenjar minyak di kelopak mata Anda tersumbat. Styes yang tidak menguras bisa berubah menjadi chalazia.

Xanthelasma terjadi bila Anda memiliki koleksi lemak tepat di bawah permukaan kulit. Mereka kadang-kadang dapat mengindikasikan bahwa Anda memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan kolesterol tinggi, seperti diabetes. Mereka juga bisa terbentuk tanpa koneksi ke kondisi medis apapun.

Apa pilihan pengobatan untuk benjolan kelopak mata?
Dokter Anda dapat mendiagnosis stye atau chalazion dengan melihatnya. Bergantung pada lokasi, dokter Anda dapat dengan cepat membuka kelopak mata Anda untuk melihat lebih dekat. Tidak ada tes lain yang diperlukan kecuali ada kekhawatiran bahwa Anda mungkin memiliki masalah medis yang berbeda.

Perawatan rumah
Jangan mencoba meremas atau memunculkan stye atau chalazion. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi Anda dan juga bisa menyebarkan bakteri ke mata Anda yang lain. Anda bisa merawat stye di rumah dengan memegang kompres hangat di atasnya selama 10 menit sampai empat kali per hari. Panas dan kompresi dapat membantu menguras stye, melonggarkan penyumbatan di kelenjar minyak, dan membantu penyembuhan.
  • Xanthelasma tidak memerlukan perawatan di rumah.

Perawatan medis
Jika Anda memiliki stik besar, dokter Anda mungkin perlu menusuknya untuk menguras cairan yang terinfeksi. Jika Anda terus mendapatkan stupa atau memiliki yang tidak akan hilang, dokter Anda mungkin meresepkan krim antibiotik untuk dilapisi kelopak mata Anda.

Pembedahan bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki chalazion besar yang tidak hilang dengan sendirinya. Dokter Anda mungkin memberi Anda tetes antibiotik untuk digunakan sebelum dan sesudah operasi untuk mengobati atau mencegah infeksi. Hal ini biasanya dilakukan di kantor dokter. Suntikan steroid antiinflamasi bisa meredakan pembengkakan. Anda bisa membiarkan operasi xanthelasma diangkat jika penampilannya mengganggu Anda. Jika tidak, tidak perlu perawatan.

Penyebab bisul di mata dan cara pengobatannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar